Tips Jitu Memastikan Kesegaran Produk Laut Sebelum Membeli

By | September 17, 2018

Mengetahui cara memilih kesegaran ikan atau makanan laut lainnya (seafood) memang merupakan keharusan bagi seseorang yang gemar mengonsumsi produk laut ini. Alasannya, jika kita ingin mengolah makanan laut dan tidak bisa membedakan kesegarannya, itu tidak akan berguna. Ikan dan makanan laut yang kaya akan protein terbaik dan lemak omega-3 hanya ditemukan dalam makanan laut dengan kualitas baik dan masih segar. Untuk alasan ini, diperlukan kehati-hatian dalam memilih produk laut untuk mendapatkan kandungan protein yang sempurna bukan?
Berikut ini adalah tips untuk memilih produk laut seperti udang, kepiting, kerang, cumi-cumi dan fillet ikan yang benar sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menurut CTF, karakteristik fillet daging ikan segar ditandai dengan warna daging yang cerah, kokoh, dan agak kenyal bila disentuh. Ketika ditekan kembali dengan cepat ke bentuk aslinya, teksturnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak. Jika ada cairan, pastikan cairan itu berwarna bening, berkilau yang menandakan bahwa fillet masih bagus untuk dikonsumsi.

Udang

Cara terbaik untuk memilih udang adalah masih utuh, kepala masih melekat kuat dengan kondisi baik tidak lunak, warna kencang, kulit tidak licin, dan tidak ada flek hitam. Pilih udang yang diletakkan di atas es karena kesegarannya masih terjaga.

Kerang

Sementara untuk memilih kulit konsumsi, pilih kulit hidup. Kerang hidup biasanya merupakan kerang yang terbuka. Hindari mengetuk cangkang saat memilih kerang. Sebab, jika Anda mengetuk, cangkang akan menutup lebih kencang dan sulit dibuka dengan tangan.

Cumi-cumi

Bagi mereka yang suka cumi-cumi, pilih cumi-cumi yang matanya bening dan kepalanya masih menempel di tubuh, kulitnya bening putih dan tidak mengeluarkan aroma busuk atau bau tengik.
Kepiting

Untuk memilih kepiting, Anda harus memilih kepiting yang masih hidup, yang jika ditekan terasa keras, dan memastikan anggota tubuhnya utuh, tidak ada yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *