Tips Jitu Memilih Cumi Segar, Jangan Sampai Salah

By | January 7, 2019

Bagi penggemar makanan laut, cumi-cumi adalah yang paling disukai dibandingkan jenis makanan laut lainnya. Selain bergizi tinggi, daging cumi juga lebih enak dan tentunya tidak ada duri di dalamnya seperti ikan. Cumi-cumi dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat dan menggugah selera seperti cumi goreng renyah, kari cumi, cumi asam dan asam, sup, dan banyak pilihan menu lainnya.
Memilih cumi di pasar untuk diproses di rumah adalah pilihan yang tepat. Karena, Anda dapat langsung melihat kualitas terbaik. Namun, sebelum membeli, mari kenali dulu karakteristik cumi-cumi berkualitas.

Mendapatkan cumi berkualitas sangat penting karena masakan lezat sangat dipengaruhi oleh bahan-bahan segar. Berikut adalah karakteristik cumi-cumi yang berkualitas.

Lihat tampilannya
Cumi segar memiliki tampilan permukaan daging putih dengan bintik-bintik coklat kemerahan. Cumi-cumi tua memiliki warna permukaan merah muda dan daging kekuningan. Cumi segar memiliki daging yang halus dan tidak sobek. Perhatikan juga bagian mata yang harus jernih, kepala masih utuh dan tidak keunguan.

Cium aromanya
Cumi segar memiliki aroma yang tidak amis dan tengik. Aromanya segar dan berbau laut. Setelah membeli cumi, segera bersihkan dan simpan di freezer jika tidak segera diproses. Cumi segar dalam freezer dapat bertahan hingga dua bulan.

Periksa teksturnya
Cumi segar memiliki tekstur kenyal. Jika ditekan perlahan, itu akan kembali ke bentuk aslinya. Jangan membeli cumi yang terlalu lunak atau berlendir. Selain tekstur, lihat juga ukurannya, sesuaikan dengan kebutuhan makanan yang akan dibuat.

Bagaimana, apakah cukup mudah untuk tidak memilih cumi segar ?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *