Udang Pisang Asal Aceh Ini Calon Primadona

By | March 5, 2018

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan berhasil mendorong diversifikasi komoditas udang. Beberapa keberhasilan ini termasuk pengembangan ikan kakap merah strain Taiwan Lutjanus malabaricus di Lampung, kemudian pengembangan ikan kobia, serta pengembangan ikan asli Indonesia, yaitu bangga kardinal dan betok ambon (setan biru), serta benih udang lambouh (udang khas Aceh).
Bisnis gudang nasional masih didominasi oleh jenis udang vaname dan udang windu. Data mencatat bahwa selama lima tahun terakhir (2011 hingga 2015) produksi udang nasional telah meningkat rata-rata 13,48 persen.

Sementara itu, data yang diterbitkan oleh International Trade Center (2017) menyatakan, pada tahun 2016 kontribusi komoditas akuakultur terhadap total nilai ekspor sebesar 60,03 persen dari nilai US $ 2,9 miliar. Dari nilai ini kontribusi nilai ekspor udang beku terhadap nilai total ekspor perikanan budidaya mencapai 72 persen.

Bisnis gudang nasional masih didominasi oleh jenis udang vaname dan udang windu. Data mencatat bahwa selama lima tahun terakhir produksi udang nasional telah meningkat rata-rata 13,48 persen.

Eksplorasi melalui domestikasi udang asli Indonesia, selain menghasilkan nilai ekonomi, juga di sisi lain memiliki arti penting dalam menjaga kekayaan kekayaan sumber daya udang di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *